Sabtu, 18 April 2009

Dahsyatnya virus CONFICKER : virus berharga US$250.000

Hi5 Emoticon

Cuma satu kata yang bisa mendeskripsikan nih virus.

"DAHSYAT!!!"

Bagi yang pernah, hobi, atau malah suka sama manga dan anime "ONE PIECE" mungkin udah terbiasa dengan harga2 setiap bajak laut yang "luar biasa". Harga2 setiap kepala bajak laut beragam, sesuai dengan tingkat pemberontakan dan kekuatannya. Dapat pula bisa kita hitung seberapa banyak bajak laut itu meresahkan penduduk. Well, begitu puula dengan si CONFICKER ini.

Meski CONFICKER bukan termasuk dari salah satu bajak laut di manga tersebut, namun CONFICKER ini sama halnya dengan bajak laut2 di sana. Meresahkan dan kekuatan virus ini sangat luar biasa. Bayangkan saja, beberapa sumber menyebutkan bahwa, ada sekitar 9 juta PC di seluruh dunia telah terinfeksi oleh virus ini. Dan tidak hanya itu, jumlah tersebut terus bertambah setiap detiknya. Nggak tanggung2, virus ini berharga US$250.000 dan si pembuat sekaligus tuan dari virus ini dicari oleh FBI.

Tahu nggak? Virus ini berbeda lho, dengan virus2 lainnya. Tidak seperti virus2 kebanyakan yang berformat Portable Executeable atau EXE, virus ini berformat DLL atau Dynamic Link Library, dengan nama file serta extension yang berubah-ubah. Sifatnya yang polymorphic membuatnya agar sulit ditebak, dan lagi, ukurannya pun beragam, dengan kondisi terpack menggunakan UPX maupun tidak.

Eh, virus ini juga pinter loh. Pinter dalam artian bukan karena nih virus pinter ber-IQ tinggi. Namun pinter dengan melakukan protection terhadap file maupun registry miliknya. Conficker menerapkan security attribute pada file maupun registry miliknya.

Bagi yang memakai flash disk kudu hati2 juga nih...
Soalnya, Conficker juga memanfaatkan fitur AUTORUN untuk dapat menyebar. Trik yang ia gunain pada autorun.inf yang virus ini tanamkan pada perangkat removable disk juga unik banget loh! User bisa terkecoh dengan teknik social enginering-nya, misalnya nih waktu lagi buka kompi. Pada Windows Vista, saat dialog box autorun ini muncul, pesannya sama dengan milik windows, "open folder to view files". Begitu diklik, autorun.inf akan menjalankan perintah "rundll32.exe %random%.dll, %parameter%". Hal ini merupakan perintah yang mirip dengan yang ia lakukan saat membuat job pada schedule task. Pada perangkat removable disk, file virus bisa kita temukan pada direktori \RECYCLER\S-%x-%x-%x-%x%x%x-%x%x%x-%x%x%x-%x\%namafile_acak%.vmx, dimana x merupakan angka, disertai nama file yang acak, serta extension VMX.

Untuk mengetahui dengan gampang apakah kompi kamu tertular virus ini atau nggak, coba deh buka situs yang berhubungan dengan antivirus. Pesan "Adress not found" atau sebangsanya bakal muncul. Of course, kamu nggak bisa mengakses situs tersebut kalo kompi kamu udah tertular. Think Logic aja...

Well... harus akuin nih, pembuat virus ini bener2 pinter dan tahu strategi dalam bidang hancur-menghancurkan komputer orang lain. TAPI!!!
Tindakannya begitu pengecut karena dengan mudahnya dia membuat virus itu hanya untuk menghancurkan sistem komputer orang lain. Bener2 buang2 waktu. Fyuuh...

Aku juga lagi geram nih. Udah 3 hari ini gigiku sakit. Tapi bukan gigi geraham, tapi gigi depan! Waduh, aq bener2 takut kalo misalnya tiba2 gigiku patah. Padahal, gigiku kan udah gigi batu! Kalo misalnya patah, berarti bisa ompong permanen donk?

NOOOO....

Jangan deh, jangan....




Wah... 9 hari lagi menuju UN!

DOAKAN SAYA BISA NGERJAIN SOAL2 UN DENGAN BAIK DAN BENAR DAN... LULUS UN DENGAN NILAI YANG MEMUASKAN!!!

See you! Hi5 Emoticon

2 komentar:

  1. Iya nih, Virus ini emng bahaya, artikel tentang Conficker jg dah aku muat di blogku, di situ juga dah aku kasih cara check pc Dari Serangan Conficker, silakan klik Conficker CheckAnti virusnya juga udah ada khusus Conficker PCMAV Express for ConfickerThanks..

    BalasHapus
  2. bahaya sekali...

    bukanya sudah bisa ditangani oleh antivirus buatan indonesia ???

    terima kasih info nya ?

    BalasHapus