Rabu, 08 Juli 2009

Makanan Unik Asik : Gula Palu

Hi5 Emoticon
Hi semuanya~~

Kali ini, Minmy mengajak kalian semua untuk ngebahas tentang salah satu makanan yang mungkin di beberapa daerah agak "asing". Yaitu, Gula Palu.

Hah? Gula Palu? Apaan tuh?
Namanya lucu, yah? Gula Palu. Apa gulanya suka mukul2 orang sehingga diberi nama demikian?

Gula Palu merupakan salah satu cemilan di Palembang. Sama kayak gulali sih, cuma gula palu dibeli dalam bentuk yang masih lembek, ngga langsung keras seperti kalo kita beli gulali di Jakarta. Keasyikan dalam makanan ini adalah sensasi saat kita membuat gula palu ini keras dengan tangan kita sendiri. Cara mengeraskannya adalah dengan menguli-nya. Cara menguli bisa kalian lihat dari gambar ini.




Nah, tanda2 kalo gulanya mau mengeras dapat kita lihat dari kondisi si gula. Gula akan menjadi kaku saat ditarik dan suhunya terasa semakin menghangat. Setelah mengeras, bisa kita lihat kan perubahannya?
Gimana tuh rasanya?
Tentu saja enak! Kalo kalian makan gula palunya pas masih lembek, bisa juga kok. Rasanya masih enak juga dan ngga bikin sakit perut. Hanya saja, gula palu yang udah keras rasanya lebih enak dan ngga lengket di gigi.
Wehehe.... http://emo.huhiho.com
Makanan inilah yang mewarnai masa kecil Minmy. Sekarang pun, Minmy masih sering makan nih makanan lho... Cuma ngga sesering waktu masih kecil sih...
Tertarik? http://emo.huhiho.com

1 komentar: