Minggu, 20 Maret 2011

I Heart You Indonesia : Game Indonesia

Sudah berapa lama saya meninggalkan blog ini? Walah, tampaknya udah lama sekali, ya... - -"
Ya sudahlah, kalo gitu mari kita lupakan masa lalu dan mulai memikirkan masa depan, biarlah masa lalu menjadi pelajaran dan pemacu semangat kita yang hidup di masa kini. Eh, kok saya malah nge-Da'i di sini? - -"

Oke lanjut.

Beberapa waktu yang lalu, saya iseng nyari tambahan game baru di iPod saya di aplikasi appstore iPod tersebut. Karena pengetahuan saya tentang game yang menarik di iPod itu lumayan minim, maka saya mulai mencari di jajaran "Top 25" ( dan tentunya di "Top Free". Hehe... Gak mungkin saya pilih yang "Top Paid" karena bayarnya pake dollar dan lumayan... ehem, mahal. Oke, lanjut lagi). Ketika sedang asyik mencari, mata saya tertuju pada game "Sushi Chain Lite".

Yang membuat saya tertarik bukan karena genre game tersebut yang menyajikan game ala restoran sushi. Meskipun saya memang menyukai hal yang berbau Jepang, tapi percayalah, bukan itu yang membuat saya tertarik membaca dan ingin segera melihat screenshot game ini. Lalu apa dong yang bikin kamu tertarik?

Ternyata, game ini merupakan salah satu game buatan Indonesia, sodara-sodara! Seketika itu, luapan darah nasionalisme saya membara (lebay) dan membuat saya sangat penasaran untuk segera memainkan game ini. Jujur saya katakan kalo saya ini merupakan orang yang bisa meluap rasa nasionalisme-nya begitu melihat, mendengar hal-hal tentang keunggulan Indonesia di mata dunia. Seperti halnya saat saya melihat sebuah nama game publisher khas Indonesia terpampang jelas di daftar Top Free 25 AppStore iPod yang bisa dibilang merupakan hasil penilaian melalui rating tingkat dunia. Artinya game ini bisa bersaing dengan game-game buatan negara lain.



Kemudian, begitu saya melihat lebih lanjut lagi di bagian deskripsi game, saya kembali dibuat takjub saat mengetahui ternyata game ini laris di-download oleh pengguna iPod, iPhone ataupun iPad dari seluruh dunia.


Ini menunjukkan betapa sebenarnya Indonesia memiliki banyak bakat terpendam dan potensi tingkat dunia yang sangat potensial. Seperti dalam bidang game ini.
Ini bukan pertama kalinya game Indonesia bisa diterima dengan baik di dunia. Sebelumnya pada tahun 2007, saya sempat mendengar kabar tentang game buatan Indonesia yang bisa menembus pasar dunia. Game ini berjudul "Burger Rush".

Mungkin di antara para pembaca sekalian sudah ada yang pernah tahu tentang hal ini, bahkan mungkin sudah pernah memainkan game ini. Dan mungkin juga, tidak banyak yang tahu tentang betapa game ini mampu merebut hati gamers dunia pada masanya. Kedua game ini, baik Sushi Chain Lite dan Burger Rush ini sama-sama memiliki genre yang sama, yaitu memadukan game setipe Diner Dash dengan Bejeweled, sehingga menjadikan kedua game ini sebagai salah satu game unik dan menjadi ciri khas tersendiri.




Secara grafis, kedua game ini cukup menarik perhatian. Namun mungkin memang yang sangat disayangkan, game ini belum bisa mengangkat hal yang berbau "Indonesia". Tapi sepertinya hal itu tidak menjadi masalah besar, sebab tanpa itupun, game ini sudah mampu mengangkat derajat negeri ini menjadi salah satu negara yang berpotensi dalam bidang IT dan game.
Kebayang dong kalo sampe Indonesia jadi salah satu negara developer game terkenal di dunia?

Bicara soal game, ternyata ada lagi game buatan anak negeri yang patut diacungi jempol. Game ini bisa dibilang game online dengan genre petualangan yang paling oke saat ini. Ya, game "Nusantara Online" merupakan game yang setipe dengan game online keluaran Korea (atau Cina?), Perfect World.

Bedanya, "Nusantara Online" menyajikan grafis khas Indonesia, meskipun masih dilapisi dengan grafis 3D yang bisa dibilang sudah "halus".
*Bahkan Poconggg pun tampil sebagai monster di sini*

Sayangnya, game ini tampaknya masih sepi peminat karena kurangnya promosi. Padahal, beban yang ditanggung game ini cukup berat, sebab game ini merupakan salah satu hasil unjuk gigi Indonesia terhadap dunia. Katanya sih, jika game ini jelek, maka game ini secara tidak langsung sudah mencoreng nama baik Indonesia. Ya ampun... --"


Dari beberapa game keren yang berhasil saya liput hari ini (sok jurnalis banget), bisa dilihat 'kan, betapa game Indonesia sebenarnya mampu menyaingi negara lain yang lebih "wah" dalam membuat game seperti Jepang, Amerika, Korea atau Cina?
Nah, tugas kitalah sebagai generasi penerus bangsa (sok Da'i banget) yang meneruskan perjuangan pembuat game-game cemerlang ini. Bagi yang berminat dalam hal seperti ini, jangan sampai menjadi impian terpendam saja, mulailah belajar dan tekuni minat itu. Siapa tahu, dari minat timbul bakat dan membuat kantong padat, iya nggak?



Sekali lagi, maju Indonesia! :)


Sumber Gambar : Google.com (Burger Rush dan Nusantara Online) dan hasil capture game melalui iPod pribadi (Sushi Chain Lite)

1 komentar:

  1. sayang banget ya yang ngeksis malah game yang nama makanannya nebeng nama makanan luar negeri. coba deh ada game yang namanya pempek rush atau gudeg online :x

    BalasHapus