Senin, 29 November 2010

My First J-Fest : Aki No Matsuri ;)

Ah.. akhirnya saya bisa juga posting lagi. Sebenernya tangan saya udah gatel pengen nulis sejak beberapa hari yang lalu, tapi nggak ada bahan obrolan. Dan sekarang, saya balik lagi dengan laporan saya tentang Festival Jepang pertama saya di Bunkasai Aki No Matsuri tanggal 28 November 2010 kemarin (ada yang ulang tahun? ;) ). Duh, kayaknya blog ini lama-lama bisa jadi koran deh, soalnya sering banget ngeliput acara ginian. Yah, setidaknya masih bisa jadi cerita deh ;) Saya kan anak JURNALISTIK! :D

Tanggal 28 November 2010 kemarin, di STBA Methodist, saya dan beberapa orang teman dari sekolah yang sama mewakili sekolah kami buat ikutan Festival Jepang yang (katanya) baru pertama kali diadakan di kota Palembang. Saya yang masih bisa dikatakan otaku (maniak/fans berat), meskipun nggak se-otaku dulu, ini cukup tertarik buat datang dan mengikuti festival kayak gini. Lombanya juga beragam, meski lomba yang diadakan sama saja seperti bunkasai pada umumnya, seperti cosplay (costume player/kostum seperti tokoh anime dan manga/Komik Jepang), lomba manga, lomba mading (ini kayaknya nggak biasa diadain di Bunkasai deh),

Teman-teman satu eskul saya yang ikutan lomba Mading
Photo by : Muhammad Warizmi Wafiq


Lomba Band (pastinya lagu yang dibawain lagu-lagu Jepang), lomba cover dance (setahu saya sih, ini dilombain. Tapi pas pengumuman nggak disebutin siapa pemenangnya. Menurut berita, lomba ini dibatalin karena kurangnya peserta yang berpartisipasi), Lomba Hiragana reading (Lomba baca huruf Hiragana), Lomba speech Bahasa Jepang, dan Lomba kaligrafi. Kalo saya sih ikut berpartisipasi pada lomba manga.

MC Bunkasai yang pake baju Kimono ala Bangsawan Jepang (kayaknya)
Photo By : Muhammad Warizmi Wafiq


Sebagai orang yang pertama kali ikutan Festival kayak gini, tentunya saya merasa deg-degan, entah kenapa. Apalagi selain saya dan tiga orang teman yang ikutan lomba manga, ada beberapa teman yang ikutan Lomba cosplay, yang tentunya menampilkan kostum yang bagus-bagus. Ada yang jadi Misa Amane-nya Death Note, Konan-nya Naruto,

Konan (Naruto) dan Misa Amane (Death Note)
Photo By : Muhammad Warizmi Wafiq


Sakura Kinomoto-nya Cardcaptor Sakura, dan Honoka Yukishiro-nya Pretty Cure. Sakura (Cardcaptor Sakura) dan Honoka Yukishiro (Pretty Cure)
Photo By : Muhammad Warizmi Wafiq


Belum lagi peserta cosplay dari sekolah/institusi lainnya. Ada Chii-nya Chobits, tokoh Vampire Knight, Rin si vocaloid, Yui Hirasawa-nya K-ON!, Yondaime-nya Naruto, dan sebagainya. Kostum-kostum yang digunakan pun juga menarik dan lucu-lucu. Bahkan ada yang mengaku sampe beli kostumnya secara online di internet dengan harga yang nggak murah. Sampe Rp 500.000 lebih!!! :O (entah ingin terkejut atau apa, yang jelas bikin ternganga).


Suasana Lomba Manga (saya yang baju ungu)
Photo By : Muhammad Warizmi Wafiq


Pada lomba manga, tema yang diberikan adalah "Aku dan Ibu" yang jelas-jelas bikin saya sebagai peserta rada nggak siap karena nggak tahu mau bikin cerita kayak apa. Yang jelas, saya nggak mau bikin cerita yang lucu tapi geje ataupun cerita sedih dan dramatis tapi terlalu sinetron. Masalahnya, setiap saya mikirin cerita, ceritanya malah lebih kayak sinetron. Aduh aduh aduh... Padahal jujur saja, saya nggak suka loh nonton sinetron. Alasannya jelas, soalnya ceritanya nggak asik dan ngebosenin! (Maaf buat produser sinetron mana pun yang baca post ini. Saran saya, sebelum bikin sinetron, tolong adakan dulu riset, biar ceritanya nyambung dan real). Jadi saya bikin ceritanya gini :
Laras adalah seorang Mahasiswa yang bisa dibilang termasuk orang yang nggak mampu (meski aku nggak nyertain alasan kenapa dia bisa kuliah. Tapi insya Allah bisa dibenerin dikemudian hari). Dia pengen banget punya perhiasan emas kayak punya temennya. Dia sering minta ke ibunya, tapi nggak pernah dikasih. Suatu hari, dia pulang bareng ibunya dan iapun bertanya pada ibunya, kapan kira-kira dia bisa dibeliin perhiasan emas. Tapi ia sama sekali nggak membiarkan ibunya bicara, dia langsung bilang kalo ibunya itu nyebelin dan nggak mungkin bisa ngebeliin perhiasan. Karena kesal, Laras berlari dan hampir ditabrak. Ternyata, dia malah nggak luka sama sekali. Begitu dilihatnya, ternyata ibunyalah yang menukar nyawanya demi melindunginya
THE END

Tuh kan? Terlalu sinetron! Biasa! Lain kali saya mau bikin cerita yang lebih real lagi ah... :P

Saya yang lagi serius bikin komik (nggak penting banget)
Photo By : Muhammad Warizmi Wafiq


Kesan saya waktu ikut lomba Manga : satu kata, capek. Eh, satu lagi deh! Pegel!
Apalagi waktu yang dikasih malah dikit banget. Bikin komik itu susah loh yaaa!!! dua jam setengah mana cukup! Jadilah, saya berhasil membuat 6 halaman manga dan begitu keluar ruangan jadi ngedumel nggak jelas. Nafsu makan saya hilang begitu saja.

Untungnya saat itu, lomba cosplay masih dilaksanakan dan yah, lagi ada parade cosplay, jadi cukup terhibur. Mood saya langsung membaik setelah itu.

Pukul 06.00 p.m
Tibalah pengumuman hasil lomba. Alhamdulillah, cerita geje yang saya tawarkan di lomba manga tadi berhasil mengantarkan saya pada posisi teratas, singkatnya juara I (bahasanya lebay amat!). Horee! Mana setelah itu, saya ditawari buat memperbaiki karya geje tadi untuk diterbitkan. Huah! Thanks God! Semoga ini bisa jadi langkah awal untuk meraih cita-cita say abuat jadi mangaka/komikus terkenal, ya? Amin ;)

Alhamdulillah lagi, sekolah saya berhasil dapet juara I lomba speech Jepang; Juara I dan II Lomba Hiragana reading; Juara III Lomba cosplay dengan kostum Misa Amane-nya Death Note. Borong nih! :D

Good job teman-teman! Kira-kira kapan lagi ya, ada Festival kayak gini lagi di Palembang? Semoga saja tahun depan bisa lebih baik lagi. Amin.

Teman-teman satu sekolah yang berpartisipasi dalam lomba (yang pake kimono itu,kimononya asli looh!)
Photo By : Muhammad Warizmi Wafiq




*Special Thanks buat Muhammad Warizmi Wafiq yang udah rela foto-foto hasil jepretannya saya ambil dan beberapa teman yang udah mau nampang di sini :D

4 komentar:

  1. waaah...suka..suka ad fesival kek gni,
    tp drpd jepang, sy gilakny lbih ke korea seh, hehe..
    -)

    BalasHapus
  2. good job, pia! keren ya festivalnya! :D

    BalasHapus
  3. hallo teman,

    saya mau minta tolong nich... Boleh nggak..???
    Begini...saya kan sekarang sedang mengikuti sebuah kompetisi blog.
    Nah, saya butuh support dari teman agar bisa menang,
    untuk memberikan komentar pada artikel saya di :
    http://rifkifauzi.blogdetik.com/index.php/2010/11/dari-internet-sehat-jadi-hebat-dari-dunia-maya-jadi-nyata/

    TERIMA KASIH BANYAK

    salam teman blog,
    Rifki Fauzi
    (weowe.blogspot.com)

    BalasHapus
  4. :) keren .. aku mau ikut acara yg kyk gitu ><

    visit mine :
    http://asrida-saskia.blogspot.com/

    BalasHapus