Sabtu, 14 Agustus 2010

One of The Thing I Hate : Sinetron

Kaget liat judul di atas? Nggak perlu kaget karena saya sendiri heran kenapa jadi tergerak mengangkat topik ini.

Well, Sebenernya motivasi saya dalam membuat posting tentang sinetron ini karena saya baru saja nemenin nenek saya nonton sinetron kesukaannya dan sadarlah saya meski mau bagaimanapun juga, rasa tidak suka saya pada sinetron tetap nggak bisa diobati.



Kenapa saya yang seorang cewek malah nggak suka nonton sinetron yang bisa membuat penontonnya jatuh bangun emosinya ini???

Alasannya sederhana, karena cerita-cerita di sinetron terlalu kuno, aneh, dan mengada-ada, meski kalo nggak ada unsur-unsur itu sinetron nggak bakal laku, tapi pada kenyataannya hal itu justru bikin saya eneg dengan yang namanya sinetron. Apalagi dengan mengatasnamakan agama. Duh, tolong! Saya tahu tuh sinetron mengajak penontonnya biar inget sama Tuhan SWT., hanya saja kadang kala saya berpikir,"emang boleh gitu, akting doa? Bukankah doa itu saat yang sakral dan harusnya hanya ada kita dan Tuhan SWT.? Lalu kenapa malah...?"

Kebiasaan saya menghindari sinetron ini kayaknya udah berlangsung semasa saya kecil. Saat teman saya asyik berbicara tentang "TERSANJUNG" (pada tahu tersanjung 'kan? Ituuu... sinetron yang sampe season 6 dan akhirnya berhenti begitu saja...), saya nggak ikut cerita karena nggak nonton.
Saat temen-temen saya asyik nonton "CANDY", saya malah asyik maen game online seperti SEAL, AUDITION, dll.
Duh, saya ini perempuan bukan?
Kadang saya berpikir seperti itu.

Adik perempuan saya yang paling kecil saja, waktu umur 5 tahun udah melahap tontonan yang bisa dibilang punya rating "Bimbingan Orang Tua" seperti "CHELSEA". Aduh, saya aja lewat depan dia jadi sungkan. Liat orang-orangnya kayak tertimpa kemalangan seumur hidup. Ada yang tiba-tiba pindah agama. Aduh, maaf kalo jadi menyangkut urusan agama. Tapi entah kenapa itu seperti dianggap main-main oleh para pemain di berbagai sinetron. Agama itu 'kan hal yang sakral? Mana bisa dianggap mainan kayak gini. Emang mudah, ya pindah agama?

Mana mendidiknya kalo gini?

Hal yang bikin saya nonton sinetron itu ya, kalo lagi nemenin nenek saya atau kalo saya lagi bareng adek... atau... kalo lagi nggak mood.

Anak-anak yang umurnya jauh lebih muda dari saya, sekitar 4-5 tahunan, bahkan 3 tahunan, udah nonton sinetron aneh-aneh yang merajalela kayak gini.
Mungkin karena di Indonesia acara hiburan buat anak-anak cuma hari Minggu atau tiap hari, tapi cuma buat pagi dan sore hari, makanya waktu malam hari mereka nggak ada kerjaan, lalu nontonnya nonton sinetron.
Nggak bisa nyalahin juga sih, emang begitu kenyataannya. Sekarang ini emang pada serba salah. Kalopun acara anak-anak ditayangin malem hari, ada banyak kemungkinan :
  1. Orang tua nggak bakal bisa punya waktu buat hiburan mereka
  2. Banyak anak bakal tidur malem dan ngelupain tugas sekolah, yang otomatis, nggak belajar. (ada internet aja udah bikin ortu susah :P )
  3. Banyak hiburan anak yang kini rada nggak bagus. Contoh kayak anime sekarang. Masih inget kasus Naruto kan?
Mungkin ada banyak kemungkinan lagi. Tapi mungkin, bisa kalian pikirkan sendiri.

Lalu, Pia sukanya apa?

Well, selera saya dalam memilih tontonan emang rada aneh dan kayaknya jarang yang punya selera kayak saya. Kalo anime emang saya suka, tapi begitu masuk SMA... Kok rasanya jadi kurang, ya? Mungkin karena sekarang di Indonesia udah jarang ada anime bagus (kalopun ada anime cowok semua...==" Kemana "Mermaid Melody", "Tokyo Mew Mew"?? Saya bosen nonton "NARUTO" yang rasanya tambah panjang aja!!!!). Terus, rumah saya nggak pasang TV kabel, jadi nggak bisa nonton saluran luar negeri yang menyediakan fasilitas anime (Ortu saya bilang,"ada wireless aja udah nggak belajar, apalagi TV kabel..."), daaannnn... saya males dateng ke toko kaset dan milih-milih anime. Hahaha... Emang dasar pemalas saya!

Jujur, saya lebih suka nonton film dan filmnya emang harus unik dan punya daya tarik. Kayak "Charlie And The Chocolate Factory", "Hachiko", "Alice in Wonderland". Yaaay!!! Keren tuh film. Cewek banget memang, tapi sekarang lagi niat nonton "Eat Pray Love" dan nyobain film action. Kemaren saya nonton film "WASABI" dan saya suka film itu!

So, buat kamu yang hobi nonton sinetron, saya mohon maaf karena bicara saya terlalu kasar. Saya juga nggak maksud bikin kalian tersinggung atau apa, ini hanya aspirasi saya :)



NB : Btw, ada rekomen film bagus? :)

7 komentar:

  1. adik saya suka sekali ma yang paling bawah
    saya seh suka nya nonton berita ma film

    BalasHapus
  2. yup betul betul betul
    say no to SINETRON !!!! eleuh,,eleuh,,makin ga kreatif aja y pilm2 di tipi skr :(

    BalasHapus
  3. Untunge aq sukane nonton OVJ,... Ya'e..............

    BalasHapus
  4. Nice post. Aq nonton KCB series, dan ternyata itupun sinetron. Gak jadi deh nontonnya. Mending nonton Kamen Rider n Super Sentai.

    BalasHapus
  5. udah sejak lulus kuliah aku jarang nonton TV, suruh nyebutin nama artis aja aku banyak yang tidak tahu... ngertinya luna ma ariel... wkkk

    BalasHapus
  6. betul lho, aku juga cewek tapi ga suka sinetron.
    sukanya malah anime.
    kayaknya cewek ga suka sinetron itu wajar kok, kalo sinetronnya kayak yang di TV-TV sekarang siih. hehe

    happy blogging yaa :)

    BalasHapus
  7. itu smua krn pembuat sinetron di indonesia gak peduli sm tontonan yg mendidik. smg mereka cpt sadar dan memberikan tontonan yg bs jadi tuntunan

    BalasHapus